Jumat, 09 April 2010

Review Game "CARRIE THE CAREGIVER"


I.                  DESKRIPSI GAMES
a)      Produsen          : Develop by, The Article 19 Group Inc., Shockwave, Bigfish games
b)      Jenis Games     :  Game klasik manajemen waktu (Single Player, Computer Game)
c)       Tahun Rilis       : © 2006
d)      Pemrakarsa     :              
§    Game desain     : Robert Gordon (lead) & Ian Gather
§    Programming     : Robert Gordon
§    Visual Desain     : Patrice Audet / atomikwave
§    Music&Sound    : Marc Paquin
§    Play Testing        : Jan, Elaine, Janice, Chantal, Mark, Sebastian, Ken, Beatrice, Diane
§    Vocal                     :  Marika Shaw
II.               ASPEK UTAMA
a)      Tujuan
Games Carrie The Caregiver bertujuan untuk melatih kesabaran dan tingkat kegesitan pemain. Dalam permainan ini pemain diajak ikut terlibat dalam memerankan peran sebagai seoarang perawat Internasional. Pemain diajarkan bagaimana cara mengurus dan merawat bayi di “Caregivers Internasional”. Pemain juga dituntut untuk gesit dan cekatan dalam permainan waktu, hal ini disebabkan karena setiap bayi mempunyai waktu tunggu atau kesabaran sesuai dengan tipe bayi tersebut.
Selain itu, pemain juga harus sabar menghadapi tingkah laku para bayi, antara lain ada yang mudah sakit, ada yang pemarah, dll. Semakin tinggi level dalam permainan ini  maka semakin banyak bayi yang datang mengantri untuk dilayani dan semakin banyak masalah – masalah yang harus dihadapi perawat.
b)     Aturan
a.       Pemain baru harus menuliskan nama pemain, atau dapat pula masuk sebagai pemain lama.
b.      Pemain harus memulai dari level pertama dengan melakukan level training terlebih dahulu.
c.       Setelah mahir di level trainee pertama, maka pemain dapat mulai memainkan games tersebut ke level selanjutnya.
d.      Ikuti prosedur permainan yang telah ditetapkan, gunakan alat –alat pembantu dalam pekerjaan jika dibutuhkan.
c)      Tantangan
a)      Pemain yang dalam hal ini berperan sebagai Carrie sang perawat, diharuskan untuk menyelesaikan permainan di 5 negara, dan dalam 1 negara ada 10 level.
b)      Untuk melanjutkan ke level berikutnya, pemain harus mencapai nilai Goal. Lebih baik lagi jika pemain bisa mendapatkan nilai Expert dan akan diberikan tanda bintang. Jika 3 kali berturut-turut tidak mencapai Goal, maka pemain dinyatakan Game Over.
c)       Pemain harus menjaga kestabilan antara sanitasi dan energy. 
d)     Interaksi yang dibangun
Pemain seolah-olah merasakan sebagai Carrie sang perawat bayi. Jika melihat tokoh Carrie lelah, pemain juga seolah-olah ikut lelah dan dikejar waktu untuk mencapai goal sebelum shift over. Pemain mungkin akan ikut merasakan dan sadar akan sulitnya merawat bayi yang begitu banyak.

III.            ELEMEN UTAMA
1.     Game Setting
a)                  Tokoh
·         Carrie, profesinya Caregiver, umur 23 tahun, lulusan Lee Nursing College, cita-cita menjadi perawat Internasional.
·         Nurse Grette, seorang supervisor perawat internasional yang mempekerjakan Carrie untuk menjadi perawat internasional dengan berkeliling dunia, memberikan arahan Carrie bagaimana menjadi perawat yang terbaik.
·         Bayi, sebagai objek yang dirawat Carrie
b)                 Latar tempat & waktu
Carrie harus melakukan perjalanan internasionalnya sebagai perawat ke 5 negara. Pada 1 negara Carrie hanya diberikan waktu 1 bulan untuk dilatih menjadi perawat terbaik. Negara-negara tersebut diantaranya,
·         North America, 15 September
·         Europe, 15 Oktober
·         Asia, 15 November
·         South America, 15 Desember
·         Africa, 15 januari
Desain ruangan di setiap Negara berbeda-beda disesuaikan dengan ciri khas arsitektur di setiap Negara-negara tersebut.
c)                  Cerita
Seorang suster bernama Carrie yang berumur 23 Tahun baru saja lulus dari Lee Nursing College. Ia ingin menlanjutkan kehidupannya sebagai seorang Caregiver (suster) dan ia baru saja mendapat brosur dari “Caregivers Internasional” yang mengatakan bahwa Caregivers Internasional menyediakan tempat bagi para healthcare worker untuk meningkatkan kemampuannya , sekaligus menambah teman dan melihat dunia. Oleh karena itu Carrie pun tertarik dan siap untuk bergabung dalam Caregivers Internasional
Sebelum terjun langsung sebagai Caregiver, Carrie menerima training terlebih dahulu agar kerjanya jauh lebih baik, sebab ia hanya memiliki sedikit pengalaman dalam berurusan dengan bayi. Di tempat kerjanya, Carrie akan dibantu oleh supervisor (pengawas). Lokasi yang akan dijelajahi Carrie dalam menjalankan pekerjaannya adalah mulai dari North America, kemudian Europe, Asia, South America, dan akan berakhir di Africa.
Pemain dalam permainan ini diminta memainkan peran Carrie dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Caregiver di “Caregivers Internasional”. Pada level awal, pemain akan masuk di level training terlebih dahulu, dimana target nilai yang harus dicapai masih kecil yaitu 500. Pekerjaannya pun masih ringan karena hanya akan disediakan dua meja untuk mengurus bayi, dan Carrie masih dibantu atau dipandu supervisornya dalam melakukan step – step tugas, namun seiring dengan meningkatnya level jumlah meja dan bayi yang harus diurus terus meningkat, selain itu tipe – tipe bayi baru dengan perlakuan yang sedikit berbeda dan alat alat bantu yang memiliki fungsi – fungsi khusus juga mulai bermunculan. Seiring berpindahnya lokasi, maka design layout tempat juga berubah – ubah sesuai dengan ciri khas Negara masing - masing.

Pada akhir permainan, sebagai penghargaan atas dedikasi kerjanya, Carrie diperbolehkan untuk mengadopsi seorang bayi yang lucu dan ceria untuk ia rawat dan besarkan.

2.     Game Play
a)                  Tools
·         Meja Bayi
Gunanya untuk menaruh bayi. Klik dan drag bayi ke meja yang kosong, cocokkan warna selimut dengan warna meja untuk mendapatkan bonus. Semakin banyak warna yang dicocokkan pemain akan mendapat bonus yang lebih besar.
·         Bayi dan Tipenya
AVERAGE
Tingkat kecepatan makan sedang , tingkat kesabaran sedang, tidak terlalu sensitif terhadap kebersihan, sensitif terhadap suara, memberikan nilai yang sedang untuk sebuah perhatian
FUSSY (CEREWET)
Kecepatan makan cepat, memiliki kesabaran yang sangat rendah, tidak terlalu sensitif terhadap kebersihan, sensitif terhadap suara berisik atau kegaduhan,  memberikan nilai yang tinggi untuk sebuah perhatian.
HAPPY (BAHAGIA)
Kecepata makan lambat, sangat penyabar, tidak sensitif terhadap kebersihan, sensitif terhadap suara, memberikan nilai yang sangat rendah untuk sebuah perhatian.
HUNGRY (LAPAR)
Kecepatan makan sangat cepat, dan makan sebanyak dua kali, sangat tidak penyabar saat cepat merasa lapar, tidak sensitif terhadap kebersihan, sensitif terhadap suara, memberikan nilai yang tinggi untuk sebuah perhatian.
DELICATE (LEMBUT)
Kecepatan makan sedang, sangat tidak sabar ketika sakit, sangat sensitif terhadap kebersihan, sensitif terhadap suara, memberikan nilai yang sangat tinggi untuk sebuah perhatian.
NOISY (BERISIK)
Kecepatan makan sedang, tidak terlalu penyabar, tidak terlalu sensitif terhadap kebersihan, Sangat tidak sensitif terhadap suara (justru ia yang membuat kegaduhan), ia akan berisik ketika dalam keadaan gawat atau genting,  memberikan nilai yang tinggi untuk sebuah perhatian.

·         PERALATAN EKSTRA
STORY BOOK
Menjaga bayi tetap bahagia waaupun ia harus menungu
MOBILE
Diberikan kepada bayi agar ia dapat tidur sementara waktu
SKATES
Gunanya untuk meningkatkan kecepatan Carrie ketika bekerja
GLOVES( SARUNG TANGAN)
Membuat sanitasi tidak akan turun dan bayi tidak akan sakit
POOP SHOOT
Keranjang untuk secara lngsung Carrie dapat melempar popok bekas tanpa memakan waktu yang lama jka harus ditaruh dengan berjalan
PACIFIER (DOT)
Dapat membuat bayi tertidur dalam waktu yang sangat singkat
FOOD
Berguna untuk memperbaiki level energy Carrie
SANITATION
Berguna untuk memperbaiki level sanitasi Carrie

·         INDIKATOR dalam PERMAINAN
SANITATION
Karena aktifitas mengganti popok dan mebuang popok bekas, akan menyebabkan kebersihan tangan Carrie berkurang, titik kritisnya ketika sanitasi tersebut menjadi kurang dari 50% dan berubah menjadi warna merah, maka ketika itu terjadi Carrie harus bersegera untuk mencuci tangannya di bak cuci agar sanitasinya kembali meningkat dan menghindari bayi dari serangan penyakit.
Selain itu bayi bisa saja sakit karena tipenya yang delicate (mudah sakit) atau karena tingkat sanitasi Carrie yang rendah. Hal ini ditandai dengan munculnya tanda obat diatas bayi, untuk mengatasinya klik di kotak obat dan kemudian klik kembali di bayi yang mebutuhkan obat.
                                    ENERGY
Semakin lama dan keras Carrie bekerja, maka energynya akan terus berkurang, maka untuk meningkatkan staminanya, Carrie harus makan makanan (food) yang akan diberikan melalui pintu. Untuk melihat tingkat energy dapat dilihat melalui ikon diatas
b)                 System of Playing
Dimulai dengan masuk ke game (dengan double klik di icon), kemudian masuk sebagai new player atau bisa melanjutkan permainan pemain lama dengan masuk langsung ke Carrie’s Carrier dan memilih untuk memulai permainan.
Permainan akan diawali dengan “Job Trainee”, dimana pada level ini pemain masih dibantu supervisor dalam menjalankan step step dalam permainan. Pada level ini nilai Goal yang harus dicapai adalah 500 (nilai minimum untuk melanjutkan kelevel selanjutnya) dan nilai Expert 2000. Besarnya nilai diperoleh tergantung dari seberapa cepat dan seberapa benar Carrie dalam menjalankan tugasnya (menaruh bayi, memberi makan, mengganti popok dll).
Step – Step dan Peraturan dalam permainan      :
·      Untuk memulai drag pada ikon bayi dan pindahkan ke meja yang kosong.
·      Ketika bayi menunggu, siapkan makanan dengan cara klik di freezer  untuk mendapatkan makanan bayi (dot)
Kemudian klik pada pemanas makanan untuk memanaskan makanan. Tidak lama kemudian makanan akan berubah warna dan berbunyi “tingtong”, tanda bahwa makanan telah hangat. Kemudian klik pada warmer untuk mengangkat makanan
·      Tanda botol yang muncul diatas bayi menandakan bahwa bayi mulai lapar, maka setelah klik pada pemanas makanan, langsung klik ke bayi yang lapar untuk segera diberi makan. Dan nilai pun akan diperoleh (sesuai degan tingkat kecepatan)
·      Kemudian bayi akan memakan makanan, setelah itu bayi butuh ditepuk tepuk pundaknya, hal ini ditandai dengan lambang botol kosong yang muncul di atas bayi. Jika tanda itu muncul, maka klik pada bayi untuk menepuk pundak dan mengambil tempat makanan (dot) yang sudah kosong. Nilai pun kembal diperoleh, kemudian klik di tempat pencuci untuk memindahkan botol kosong ke dalamnya.
·      Setelah makan, bayi akan buang air, maka bayi butuh diganti popok, hal ini ditandai dengan munculnya lambang popok berwarna biru diatas bayi. Carrie harus sigap menanggapi hal ini dengan meng klik pada ikon rak pakaian untuk mengambil popok, dan kemudian meng klik pada bayi yang perlu diganti popoknya. Setelah itu dengan otomatis bayi itu akan dipulangkan dan hanya meninggalkan popok yang kotor. Nilai pun kembali didapatkan.
·      Bekas popok yang kotor harus segera dibuang dengan cara di klik pada popok yang kotor kemudian klik lagi di tempat sampah untuk membuang popok tersebut. Popok yang kotor ditandai dengan gambar popok berwarna kuning. Nilai pun kembali diperoleh.
·      Setelah satu bayi selesai diurus maka dapat dilanjutkan dengan mengurus bayi lainnya yang sudah masuk dalam antrian (diurus bersamaan juga diperbolehkan, asalkan pandai dalam mengatur waktunya)
·      Untuk mengefisiensikan waktu, Carrie dapet mengambil makanan dan popok maksimal sekaligus dua buah, yaitu masing- masing satu di setiap tangannya.
·      Pergerakan harus dilakukan dengan cepat, dan datangi bayi secepat yang kamu bisa, agar bayi tidak kehilangan ‘love’ yang nantinya akan menyebabkan bayi akan kecewa dan bahkan pergi dari permainan (tidak dapat nilai) . Semakin tinggi ‘love’ yang terdapat pada bayi, maka semakin tinggi poin yang akan kita dapat.
Terdapat Goal dalam setiap level. Capai targetnya agar dapat lulus dari level tersebut.
·      Setelah semua bayi selesai diurus maka, laporan nilai di akhir akan diberikan berupa jumlah bayi yang telah diurus, jumlah bayi yang dikirim ke ICU (pulang), dan Total Score.
Kemudian klik Continue untuk melanjutkan ke level selanjutnya, begitu seterusnya hingga ke level akhir. Pada setiap level akan ada peraturan dan alat alat tambahan yang muncul.
·      Ketika permainan selesai, dapat menyudahinya dengan klik Quit pada main menu dan perkembangan permainan kita akan secara otomatis tersimpan pada system.

Tidak ada komentar: